Rabu, 06 Maret 2013

Cara Membuat, Menambah Partisi Harddisk Windows 8

partisi-harddisk-windows-8
Media Infonetku - Saya pernah menulis tentang bagaimana caranya untuk membuat partisi harddisk  di windows 7, nah sekarang yang saya bagikan ke sahabat media infonetku adalah bagaimana cara membuat partisi harddisk di Windows 8

Sebenarnya cara untuk membuat , menambah partisi atau juga bahkan sahabat ingin menambah ataupun mengurangi kapasitas partisi harddisk sahabat bisa mengikuti cara yang sudah admin bagikan sebelumnya untuk windows 7, karena caranya sama saja yaitu dengan menggunakan Disk Management.

Caranya klik Start lalu klik kanan computer kemudian klik Manage kemudian klik Disk Management disana sahabat bisa menambah, mengurangi, menformat, atau bahkan membuat partisi baru. Kalau di Windows 7 dengan menggunakan Disk Management bawaan dari windows ini bisa kita gunakan untuk menambah dan mengurangi kapasitas partisi utama (partisi harddisk yang menyimpan system) Namun di windows 8 sahabat tidak bisa menambah (extend) partisi utama harddisk, nah inilah kesulitan pertama yang saya temui ketika saya memutuskan untuk menghapus instalasi windows 7 saya karena admin sudah mempunya windows 8, setelah windows 7 saya hapus, saya ingin menambahkan partisi winsows 8 saya dengan partisi bekas windows 7 yang sudah di format, tapi ternyata partisi utama windows 8 saya tidak bisa ditambahin kalau kita hanya menggunakan tool disk management bawaan windows. Setelah browsing kesana kemari akhirnya saya menemukan software untuk windows 8 yang membantu saya untuk menambah dan mengurangi partisi harddisk saya namanya AOMEI Partition Assistant Home Edition. 

partisi-harddisk-windows-8

Gambar diatas adalah tampilan AOMEI Partition Assistant Home Edition, software gratis ini bisa membantu sahabat yang ingin menmbah kapasitas harddisk windows 8 kamu.


Cara Menggunakan.

Cara pemakaian software ini juga mudah sekali, semua tool sudah tersedia, ada Copy partition, delete partition, format partition, Resize Partition dan ada juga Allocate Free Space.
Nah tool Allocate Free space inilah yang kita gunakan untuk menambah kapasitas partisi utama windows 8.
Cara klik dulu partisi yang akan kita alokasikan ke partisi utama windows 8, kemudian klik Allocate Free Space, kemudian pilih pengalokasiannya ke partisi utama windows 8 bianya ini label disknya C: 
Kemudia set berapa besaran yang kamu akan aikasikan ke partisi utama atau (C:) setelah selesai restart komputer kamu, nah saat reboot atau restart disaat itulah software ini akan bekerja untuk menambahkan free space ke partisi utama windows 8 (C:) jadi tunggu aja sampai selesai prosesnya.
Bagaimana gampangkan? Selamat mencoba yah. SALAM

18 komentar

Kang, kalo pake minitool bisa gak?

Kalau membuat partisi baru minitool bisa gan, tapi kalau extend atau menambah size partisi di C atau di system windows 8 gak bisa gan.

sangat bermanfaat nuwun

wah sangat mmbantu om, ditunggu kunbalnya

kalau di resize, data di dalam disk itu nggak akan ilang kan yah?

partisi saya ke hapus secara ga sengaja..... setelah baca blog tulisan si agan, selamat lagi semuanya.. makasih bngt bro...

gan punya ane, pas lagi partisi yg D ternyata isinya cuma 340MB, nah percuma banged kan ntu?klo mau di delete trus dipindah ke C itu gmana gan pake software ini..

Tool Allocate Free Space ada nya dimana bro gw cari ga ada

ya gw pas ngikutin cara windows 7 kaget tadinya sisa 30 gb jadi 20 gb !
tapi ini cuman menambah kan? jadi file yg ada di C itu gk akan hilangyah soalnya sayang nih gan dah di isiin just cause,battle realms,spyro dll

kalo buat nambah size available shrink bisa ngga? misal di C size available tuh cuma 150Gb tapi free msih sekitar 300Gb, nah pengennya mo shrink bikin 250GB! mkasih

ane jg maw nge shrink partisi C ane nih. bisa gak??

Kalo kita mau buat partisi maksimalnya berapa kalo di windows 7 ?

Mantab gan infonya, sangat bermanfaat ini buat ane. hehe
Lowongan Kerja PT Nissan Financial Service Indonesia - Min D3 Semua Jurusan - Mei 2015
http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/lowongan-kerja-nissan-financial-service-indonesia.html

tool allocate free spacenya dimana ? soalnya disk c: gue kurang space, dan pengen gue tambahin dari disk d: nya, apa harus beli app partition assistant yang profesional dulu baru bisa allocate free spacenya ? soalnya yang free kan biasanya terbatas penggunaannya, mohon info secepatnya, thx

mantap gan


EmoticonEmoticon